Based on lecture by Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M. Sc Marketing Class R-52 Graduate Program of Magister Management and Business Bogor Agricultural University, Indonesia
P R O M O S I
Salah satu aspek pemasaran adalah promosi. Apa yang kita pikirkan ketika mendengar kata promosi ?
Mempelajari Manajemen Pemasaran lebih lanjut dapat melalui:
- pameran, iklan
- sales, buy 1 get 1, gratis
- barang baru, kondisi tertentu
- peningkatan brand
- strategi penjualan
- free ongkir
H A R G A
"Merek membawa janji bahwa produk atau jasa membawa karakteristik dan kualitas yang unik dan spesifik sesuai dengan harapan konsumen yang dituju"
Ciri-ciri merek yang baik adalah:
Nilai adalah persepsi dari ungkapan kuantitatif tentang kemampuan barang dalam suatu pertukaran (dipengaruhi ruang dan waktu, rasa memiliki). Harga adalah nilai yang dinyatakan dalam satuan mata uang tertentu. Manfaat (utility) adalah atribut barang untuk memuaskan kebutuhan (ex: air minum untuk mengurangi dahaga).
- terlindungi dengan baik
- mudah diucapkan
- mudah diingat
- mudah dikenali
- menarik
- menampilkan manfaat produk
- menonjolkan citra perusahaan atau produk
- memperlihatkan perbedaan produk dibanding dengan pesaing
Mempelajari Manajemen Pemasaran lebih lanjut dapat melalui:
Ujang Sumarwan, Agus Djunaidi, Aviliani, H.C.Royke Singgih, Jusup Agus Sayono, Rico R Budidarmo, Sofyan Rambe. 2009. Pemasaran Strategik: Strategi untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham (Strategic Marketing: Strategy for Corporate Growth in Creating Share Holder Value). Jakarta. Inti Prima.
Sumarwan, U., Achmad Fachrodji., Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi., Suharyono., Zeffry Alamsyah. 2010. Pemasaran Strategik: Perspektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja (Strategic Marketing: Value Based and Performance Measurement Perspectives). Bogor, IPB Press.
1 comments:
Promosi, Harga, dan Brand memiliki peran penting dalam dunia bisnis untuk selalu mencari, memperoleh, dan mempertahankan pangsa pasarnya. Hal ini dilakukan untuk menarik para konsumen untuk membeli produk yang dijual. Dapat disimpulkan bahwa adanya Pengaruh Nama Merek dan Promosi terhadap Minat Pembeli . Terima kasih
Post a Comment